Pengunjung Lomba Drum Band Akreamus 6 Tumpah Ruah di Baitul Makmur


 MALANG_BM-Ajang Kreasi Anak Muslim (Akreamus) 6 Tahun 2020 yang digelar Yayasan Baitul Makmur Kota Malang mencapai puncaknya, Minggu (1/3/2020). Di hari kedua pelaksanaan acara ini, digelar lomba Drum Band Taman Kanak-kanak (TK) se-Malang Raya. Sebanyak 22  grup drum band TK yang terbagi dalam dua klasemen yakni Pratama dan Utama saling unjuk keterampilan memainkan alat musik dalam ajang lomba ini. 

       Masyarakat terlihat tumpah ruah memadati semua sudut halaman sekolah di bawah naungan Yayasan Baitul Makmur untuk memeriahkan acara open house yayasan ini. Mereka sangat antusias untuk melihat lomba drum band dalam ajang Akreamus yang sudah diakui oleh Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Malang ini.

       Akreamus 6 yang digelar selama dua hari, yakni Sabtu (29/2/2020) dan Minggu (1/3/2020), bertujuan untuk menggali kreativitas peserta dan memperkenalkan lembaga pendidikan formal dan non-formal yang bernaung di yayasan yang beralamat di Jalan Sawojajar 17B No. 58. Di lembaga ini terdapat pondok pesantren, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD Islam, SMP Islam, dan SMK. Akreamus diikuti oleh siswa kelompok bermain (KB), TK, SD, dan SMP se-Malang Raya. Khusus drum band yang digelar Minggu, pesertanya adalah siswa TK.

       Ketua Panitia Akreamus 6 Tahun 2020 Adiretno Fitriasari Faihaa, S.Pd, mengatakan peserta lomba drum band dalam ajang Akreamus 6 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. “Tahun ini pesertanya 22 grup drum band dengan rincian kategori pratama diikuti 14 grup dan utama diikuti delapan grup. Sedangkan tahun lalu pesertanya 18 grup dimana kategori pratama diikuti 10 grup dan utama diikuti delapan grup,” papar guru Baitul Makmur yang akrab disapa Tc. (Teacher) Fai ini di sela-sela acara Akreamus 6.

       Menurut dia, meningkatnya jumlah peserta ini menunjukkan bukti lomba drum band dalam ajang Akreamus semakin diminati masyarakat.   “Ini modal baik bagi kami, khususnya Baitul Makmur, ke depan untuk terus meningkatkan lagi kualitas pelaksanaannya, agar kejuaraan drum band anak-anak TK ini semakin mendapatkan hati di masyarakat,” kata perempuan kelahiran Damaskus ini.

       Tc. Fai pun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarya kepada seluruh panitia Akreamus 6 yang terdiri dari guru dan karyawan Baitul Makmur (BM) atas suksesnya pelaksanaan Akreamus 6. “ Tanpa mereka (kawan-kawan guru dan karyawan BM) pelaksanaan Akreamus 6, khususnya lomba drum band, tak akan sesukses seperti sekarang ini,” ujar dia.

       Sementara itu, Damanhuri, Koordinator Juri Lomba Drum Band Akreamus 6, mengatakan lomba drum band di ajang Akreamus ini tergolong lomba konser, karena itu yang dinilai adalah musiknya.Penilaian dalam lomba ini dibagi dua yakni musik ritmis dan musik melodies. Sedangkan yang lainnya untuk tambahan seperti The Best Analisis Musik Ritmis, The Best Analisis Musik Melodies, The Best Drum Majorette, The Best Field Commander, dan The Best Color Guard juga dapat penghargaan khusus dari panitia,” kata Damanhuri yang juga Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Malang.

       Untuk menentukan juara atau peringkatnya, lanjut dia, penilaiannya adalah analisis musik ritmis dan analisis musik melodies dikurangi pinalti, seperti misalnya alat jatuh, anak jatuh, dan sebagainya. Dalam lomba drum band Akreamus 6 ini, untuk Klasemen Pratama juara 1 diraih TK As Salam Tlogomas, juara 2 TK PGRI 2 Malang, dan juara 3 TK Muslimat 19. Untuk juara Harapan 1 diraih TK ABA 10, juara Harapan 2 TK Permata Iman 2, dan juara Harapan 3 TK Zam-Zam.
Sedangkan penghargaan khusus untuk Kategori Pratama berupa The Best Analisis Musik Ritmis diraih TK As Salam Tlogomas, The Best Analisis Musik Melodies diraih TK MUslimat 19, The Best Drum Majorette diraih TK MUslimat 19,  The Best Field Commander diraih TK ABA 2 Sumberpucung, The Best Color Guard diaih TK Permata Iman 2.

Untuk Klasemen Utama  TK ABA 26 berhasil meraih juara I, disusul TK Negeri Pembina 1 juara 2, dan TK Kartika IX-22 sebagai juara 3. Untuk juara harapan I diraih TK Khoiriyah Pakisaji, juara harapan II  diraih Taman Indria, dan juara harapan III diraih TK ABA 23. Sementara, penghargaan khusus Klasemen Utama  untuk The Best Analisis Musik Ritmis diraih TK ABA 26, The Best Analisis Musik Melodies diraih TK ABA 26, The Best Drum Majorette diraih TK Kartika IX-22,  The Best Field Commander diraih TK ABA 3 Singosari, dan The Best Color Guard diaih TK ABA 23.

Sementara itu, sehari sebelumnya di ajang Akreamus 6 se-Malang Raya ini sudah digelar bermacam-macam lomba mulai tingkat Kelompok Bermain (KB), SD, hingga SMP. Ada delapan kategori lomba yang diadakan yakni, tahfizh, mewarna, gerak dan lagu, drum band, asmaul husna, pildacil, Al-Banjari, dan da'i. Rinciannya, di tingkat KB lomba tahfizh diikuti 25 orang, gerak dan lagu 7 grup, dan mewarna 24 orang. Tingkat TK lomba tahfizh kategori A diikuti 52 orang, tahfizh kategori B 63 orang, mewarna 52 orang, asmaul husna 17 grup, drumband 22 grup. Tingkat SD lomba tahfizh kategori A diikuti 33 orang, tahfizh kategori B 23 orang, pildacil 12, dan Al-Banjari 5 grup. Sedangkan tingkat SMP lomba tahfizh diikuti 23 orang, Al-Banjari 11 grup, dan da'i 19 orang.

       Tc. Fai menjelaskan, jumlah total peserta Akreamus 6 ini diikuti sebanyak 1.800 peserta dari berbagai sekolah se-Malang Raya. Jumlah ini meningkat dibandingkan pelaksanaan Akreamus 5 tahun lalu yang diikuti sebanyak 1.100 peserta. (hen)


Foto-foto Pemenang Lomba Drum Band Akreamus 6 Tahun 2020









Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto


You Might Also Like

0 komentar