Latih Keterampilan Motorik, Siswa Kelas 6 SDI Baitul Makmur Ikuti Perjusa


 MALANG_BM-Siswa Kelas 6 SD Islam (SDI) Baitul Makmur  Malang mengikuti kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di Bumi Perkemahan Lemdikacab Jalan Wisnuwardhana Malang, pada 17-18 Januari 2020. Agenda tahunan yang digelar kali kedua ini dilaksanakan setiap semester I sebelum mereka menghadapi ujian nasional (UN). 

Ketua Pelaksana Perjusa SDI Baitul Makmur Samsul Arifin, S.Pd.I, mengatakan pelaksanaan Perjusa baru bisa dilaksanakan pada Januari 2020 karena padatnya jadwal di lokasi pelaksanaan kemah. “Seharusnya (Perjusa) dilakukan pada Desember 2019 namun baru terlaksana Januari 2020 karena terkendala lokasi kemah yang padat acaranya,” papar guru yang akrab disapa teacher (Tc) Samsul ini.   

Menurut dia, tujuan digelarnya Perjusa adalah untuk mengaplikasikan pelajaran Pramuka yang didapatkan siswa SDI Baitul Makmur. “Siswa harus praktik di lapangan setelah mengikuti kegiatan Pramuka di sekolahan,” ujar dia.
Tujuan kedua, lanjut Tc. Samsul adalah momen kesan dan pesan sebelum anak-anak lulus dari SDI Baitul Makmur. Juga melatih kedisiplinan, kekompakan, kepemimpinan, dan sebagainya.
“Selain bermanfaat dalam pembentukan karakter baik, kegiatan Perjusa akan bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik siswa. Rangkaian kegiatan Perjusa ini melatih ketangkasan fisik serta kecakapan motorik siswa,” kata Tb.Samsul.
Dijelaskan dia,kegiatan Perjusi dimulai pukul 13.00 setelah sholat Jumat untuk mendirikan tenda bersama siswa sampai jam 15.00. Usai mendirikan tenda  dilanjutkan pembukaan, ishoma Asar.
“Setelah sholat isya, kegiatan pentas seni sampai jam 20.30 dilanjutkan menyalakan api unggun. Siswa diberikan kesempatan menyampaikan pesan dan kesan selama sekolah di SDI Baitul Makmur yang diwakili masing-masing regu. Acara ini berlangsung hingga pukul  23.30.”kata dia.
Sabtu pagi setelah sholat Subuh, lanjut Tc. Samsul, siswa diajak senam pagi kemudian dilanjutkan lomba masak mi instan. “Usai lomba masak acara dilanjutkan dengan jelajah sebelum dilakukan penutupan,” tandasnya. (hen)



Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto



You Might Also Like

0 komentar