Lomba Drum Band TK Meriahkan Akreamus V


*Diakui Resmi oleh PDBI Kota Malang


MALANG_BM-Puncak kemeriahan Ajang Kreasi Anak Muslim (Akreamus) V 2019 Baitul Makmur terjadi di hari kedua pelaksanaan acara ini, yakni Lomba Drum Band Taman Kanak-kanak (TK) se-Malang Raya, Sabtu (2/3/2019). Sebanyak 18 grup drum band TK yang terbagi dalam dua klasemen yakni Pratama dan Utama saling beradu keterampilan memainkan alat musik dalam ajang lomba ini. Di Klasemen Pratama diikuti sebanyak 10 grup dan Utama diikuti delapan grup.
      Acara yang digelar untuk memperingati dan memeriahkan Dies Natalis ke X Yayasan Baitul Makmur ini, disambut antusias oleh masyarakat. Tampak dari semua sudut halaman sekolah yang  bernaung di Yayasan Baitul Makmur, dipadati masyarakat yang ingin melihat dari dekat atraksi drum band anak-anak TK se-Malang Raya ini.
Akreamus V yang digelar selama dua hari, yakni Jumat  dan Sabtu (2/3/2019), bertujuan untuk menggali kreativitas peserta dan memperkenalkan lembaga pendidikan formal dan non-formal yang bernaung di Yayasan yang beralamat di Jalan Sawojajar 17B No. 58. Di lembaga ini terdapat pondok pesantren, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), TK, SD Islam, SMP Islam, dan SMK. Akreamus diikuti oleh siswa kelompok bermain (KB), TK, sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP) se-Malang Raya. Khusus drum band yang digelar hari ini (2/3/2019), pesertanya adalah siswa TK.
Sehari sebelumnya sudah digelar bermacam-macam lomba mulai tingkat Kelompok Bermain (KB) hingga SMP se-Malang Raya. Di tingkat KB ada dua macam lomba yakni gerak dan lagu yang diikuti oleh 12 grup serta lomba mewarna (diikuti 19 anak). Sedangkan di tingkat TK ada empat kategori lomba yakni hafalan asmaul husna (11 grup), mewarna (55 anak), dan hafalan surat pendek (62 anak).
Di tingkat SD, ada tiga macam lomba yang digelar yakni, hafalan surat pendek yang diikuti 39 anak, group singing competition (GSC) diikuti empat grup, dan Al-Banjari yang diikuti 11 grup. Sedangkan di tingkat SMP hanya satu lomba yang digelar yakni Al-Banjari yang diikuti oleh sembilan grup.
Ketua Pelaksana Akreamus V 2019 Dewi Muyassaroh, S.Pd.I mengatakan, lomba drum band merupakan lomba yang pertama kalinya digelar sejak Akreamus I diadakan lima tahun lalu. Sedangkan jenis lomba lainnya diadakan di Akreamus selanjutnya sesuai perkembangan.
“Yang menjadi andalan dalam Akreamus ini adalah lomba drum band. Masyarakat selalu antusias berpartisipasi dalam ajang ini,” kata dia ditemui di sela-sela lomba drum band, kemarin.

Di tempat sama, Pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Kota Malang, Damanhuri mengatakan, keberadaan lomba drum band di ajang Akreamus Baitul Makmur ini sudah masuk di kalender event PDBI Kota Malang sejak dua tahun lalu.
“Baru dua tahun ini lomba drum band di Baitul Makmur mendapatkan izin resmi dari PDBI. Karena itu, jurinya dikondisikan dari PDBI agar sesuai standarisasi lomba PDBI,” papar Damanhuri yang menjadi Koordinator Juri Lomba Drum Band Akreamus V.
Damanhuri yang juga menjadi salah satu juri nasional drum band asal Kota Malang ini menambahkan, idealnya jika ada lomba drum band jurinya juga dari kalangan drum band, khususnya dari organisasi yang diakui keabsahannya, seperti halnya PDBI. “Ibaratnya, jika lomba menyanyi maka jurinya juga dari ahli menyanyi. Demikian juga, jika lomba drum band maka jurinya pun juga yang ahli drum band,” tandasnya.
      Dia menjelaskan, drum band merupakan salah satu cabang olahraga di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Sedangkan induk dari drum band sendiri adalah PDBI.
Damanhuri menambahkan, karena lomba drum band di ajang Akreamus V ini tergolong lomba konser, maka yang dinilai adalah musiknya. Penilaian ini dibagi dua yakni musik ritmis dan musik melodies. Sedangkan yang lainnya untuk tambahan seperti colour guard (bendera), field commander (gita pati/dirijen), dan mayoret dapat penghargaan khusus dari panitia.
“Kalau untuk menentukan juara penilaiannya adalah analisis musik ritmis dan analisis musik melodies dikurangi pinalti, seperti misalnya alat jatuh, anak jatuh dan sebagaiannya. Baru ditentukan peringkatnya,” kata Damanhuri.
Dalam lomba drum band Akreamus V untuk Klasemen Pratama, TK Permata Iman 2 berhasil meraih juara I, disusul TK PGRI 2 Malang juara 2, dan TK Muslimat 19 sebagai juara 3. Untuk juara harapan I diraih TK As-Salam Tlogomas, juara harapan II  TK ABA 2, dan juara harapan III diraih RA Muslimat NU 3.
Sementara, untuk Klasemen Utama juara I diraih TK ABA 23, juara II diraih TK ABA 26, dan juara III diraih TK Taman Indria 1. Sedangkan juara harapan 1 diraih TK Tunas Madani, juara harapan II diraih TK ABA 3 Singosari, dan juara harapan III diraih TK ABA 29.
Selain itu, ada penghargaan khusus dari panitia untuk Gita Pati terbaik diraih oleh TK ABA 2 untuk Klasemen Pratama, dan TK ABA 23 untuk Klasemen Utama. (hen)

Penulis/Editor: Hendarmono Al Sidarto


You Might Also Like

0 komentar