Kecerian Anak-anak SD Islam Baitul Makmur dalam Lomba Agustusan


MALANG_BM- Peringatan hari kemerdekaan RI memang identik dengan lomba, terutama yang bersifat tradisional dan melibatkan banyak orang. Hal itu pula yang membuat jalannya lomba Agustus-an tak pernah sepi. Seperti halnya keceriaan anak-anak di SD Islam (SDI) Baitul Makmur saat mengikuti lomba peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-73 pada Kamis (16/8/2018). Mereka terlihat berlari, berteriak, dan tertawa saat mengikuti beraneka-macam lomba yang digelar di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Sawojajar 17B nomer 58.  
Ada sembilan macam lomba yang digelar mulai dari pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Proklamasi, paduan suara, menyanyi tunggal, balap kelereng, menyunggi tempeh, balap bola berpasangan (kategori A dan B), balap karet (kategori A dan B), dan kebersihan kelas (kategori A dan B).

Keseruan lomba terlihat saat lomba balap kelereng dengan sendok, balap bola berpasangan,  dan menyunggi tempeh. Di lomba balap kelereng anak-anak beradu cepat menyelesaikan tugas membawa kelereng di atas sendok yang digigit. Selain kecepatan, keseimbangan dan ketenangan menjadi kunci untuk memenangi lomba ini. Ada anak yang cepat melaju di separuh putaran namun gagal saat berbalik menuju finis.
Demikian juga saat balap bola berpasangan  dan balap karet digelar, siswa SD Islam Baitul Makmur terlihat antusias memeriahkan lomba. Siswa yang tidak ikut lomba bersorak menyemangati teman-temannya yang mewakili kelasnya agar menjadi juara.

Sementara dalam lomba menyunggi tempeh, keterampilan membawa tempeh di atas kepala mutlak diperlukan untuk memenangi lomba. Banyak anak yang gagal menyelesaikan lomba karena kesulitan menyeimbangkan tempeh di kepala mereka.
Wakil Kepala Kesiswaan SDI Baitul Makmur Samsul Arifin S.Pd.I mengatakan, tujuan digelarnya lomba ini adalah untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73. Selain itu, bertujuan untuk mengingat perjuangan para pahlawan kemerdekaan dalam memperjuangkan Negara RI (NKRI).
      “Dengan digelarnya lomba-lomba ini,siswa diajak mengingat dan melestarikan lomba-lomba tradisional yang ada,” kata dia.

      Harapan digelarnya lomba-lomba Agustusan ini adalah, lanjut dia, adalah menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan menumbuhkan kerja sama yang baik antar siswa. “Dalam lomba-lomba ini memang ada yang dibutuhkan kerja sama antar peserta seperti balap bola berpasangan, paduan suara, dan kebersihan kelas. Penyerahan hadiah seluruh pemenang lomba dilakukan bersamaan dengan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-73 Jumat (17/8/2018) pagi,” papar dia. (hen)



Daftar Pemenang Lomba Peringatan HUT RI Ke-73 SD Islam Baitul Makmur

A. Pembacaan Pembukaan UUD 1945
1. Juara 1 : 6B Abrila
2. Juara 2 : 5A Indra
3. Juara 3 : 4B Rayhan
  


B. Pembacaan Proklamasi
1. Juara 1 : 1B Rifqi
2. Juara 2 : 3A Imanya
3. Juara 3 : 2B Azzura

C. Paduan Suara
1. Juara 1 : 4B
2. Juara 2 : 5B
3. Juara 3 : 6B



D. Menyanyi Tunggal
1. Juara 1 : 3A Ashilah
2. Juara 2 : 3B Putra
3. Juara 3 : 2B Ezria

E. Balap Kelereng
1. Juara 1 : 1A Zaini
2. Juara 2 : 3A Jeefta
3. Juara 3 : 2A Firhat



F. Menyunggi Tempeh
1. Juara 1 : 4A Aileen
2. Juara 2 : 5B Kayla
3. Juara 3 : 6B Bagus

G. Balap Bola Berpasangan Kategori A :
1. Juara 1 : 3B Damar & Baihaqi
2. Juara 2 : 3A Luna & Qee Isyata
3. Juara 3 : 1B Rifqi & Kenzio



H. Balap Bola Berpasangan Kategori B
1. Juara 1 : 6B Rasha & Rakha
2. Juara 2 : 5A Fahri & Indra
3. Juara 3 : 4A Fauzan & Yahya

I. Balap Karet Kategori A
1. Juara 1 : 2B
2. Juara 2 : 3A
3. Juara 3 : 1A

J. Balap Karet Kategori B
      1. Juara 1 : 6B
      2. Juara 2 : 5A
      3. Juara 3 : 4B



K. Kebersihan Kelas Kategori A
     1. Juara 1 : 2A
     2. Juara 2 : 1B
     3. Juara 3 : 1A


L. Kebersihan Kelas Kategori B
     1. Juara 1 : 5A
     2. Juara 2 : 4B
     3. Juara 3 : 5B



Penulis/Editor:  Hendarmono Al Sidarto

You Might Also Like

0 komentar